Menu

Kepulauan Seribu Akan Segera Punya Pengolahan Sampah Sendiri

0 Comments


Bantu share yaa :)

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak hanya akan membangun intermediate treatment facility (ITF) di wilayah daratan Jakarta.

Fasilitas yang sama rencananya akan dibangun di Kepulauan Seribu. Dengan demikian, wilayah itu nantinya akan punya tempat pengolahan sampah sendiri.

Wakil Kepala Dinas Kebersihan Ali Maulana Hakim menjelaskan, ITF yang akan dibangun di Kepulauan Seribu nantinya akan dibangun di beberapa pulau. Masing-masing ITF memiliki daya tampung sampah maksimal 6 ton.

“Jadi di beberapa pulau, tapi yang (daya tampungnya) skala kecil,” ujar Ali di Balai Kota, Kamis (14/7/2016).

Saat ini, wilayah Kepulauan Seribu sebenarnya sudah memiliki tiga unit incenerator. Meski demikian, Ali menyebut alat tersebut tidak dapat menampung dan mengolah seluruh sampah yang ada.

Akibatnya, sampah-sampah Kepulauan Seribu masih harus diangkut ke tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) di Bantargebang, Bekasi. Apabila nantinya sudah ada ITF, Ali menyebut sampah dari Kepulauan Seribu bisa diolah langsung tanpa harus dibawa lagi ke TPST Bantargebang.

“Residu yang mau dijadikan produk nanti diolah di pulau. Tapi yang tidak diolah nanti dibawa ke Bantargebang,” ujar Ali.

Penulis : Alsadad Rudi
Editor : Fidel Ali
Sumber: megapolitan.kompas.com


Bantu share yaa :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *