Menu

Tips Snorkeling di Pulau Pramuka

0 Comments


Bantu share yaa :)

Salah satu kegiatan yang paling menyenangkan di Pulau Pramuka adalah snorkeling. Kamu bisa melihat keindahan terumbu karang dan aktivitas biota laut seperti ikan dan hewan lainnya. Tentu saja hal ini tidak boleh dilewatkan bagi kalian yang akan berwisata ke Pulau Pramuka.

Meskipun kegiatan snorkeling ini tergolong aman, tetapi tetap ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Hal ini berguna untuk menjaga kenyamanan kamu saat sedang menikmati keindahan dunia bawah laut. Dalam artikel ini kami akan merangkum beberapa tips snorkeling saat di Pulau Pramuka.

Beberapa tips snorkeling yang perlu diperhatikan antara lain sebagai berikut :

Perlengkapan Snorkeling

Pastikan kamu sudah memiliki seluruh perlengkapan snorkeling yaitu Google (kacamata), snorkle (alat nafas), fin (sepatu katak) dan jaket pelampung. Alat-alat ini sangat membantu bagi kita ketika berada di dalam air.

Google berfungsi untuk melindungi mata kamu dari material asing di bawah laut serta memudahkan kita melihat. Snorkle membantu kamu agar dapat bernafas dengan nyaman. Fin membuat kamu berenang lebih cepat dan juga melindungi kaki dari karang. Pelampung membantu agar kamu tetap mengapung walupun kamu tidak memiliki kemampuan untuk berenang.

Pastikan alat-alat ini berfungsi dan dalam keadaan baik, karena sayang kan kalau sudah di tengah laut kamu tidak bisa snorkeling karena peralatan rusak.

Baju Berenang                                      

Menggunakan baju berenang akan lebih baik bagi kamu, karena akan membuat kamu bergerak lebih leluasa dan ringan. Dan jika kamu punya baju berenang yang menutupi kaki akan lebih baik karena akan melindungi kaki kamu dari karang-karang yang tajam serta sengatan ubur-ubur.

Makanan dan Minuman

Kegiatan snorkeling walaupun santai tetap akan menghabiskan energi kamu, karena dilakukan pada saat matahari terik. Ada baiknya kamu mempersiapkan makanan dan minuman agar tidak kelaparan atau kehausan di tengah laut. Dan juga makanan bisa mengisi perut kamu jika kamu mabuk laut dan muntah.

Obat Mabuk

Kalau kamu mabuk laut ada baiknya kamu meminum obat anti mabuk, karena kegiatan snorkeling akan berpindah dari satu spot ke spot lainnya menggunakan perahu wisata. Terkadang bagi yang sensitif terhadap goyangan akan mudah mabuk di tengah laut.

Pemanasan

Sebelum snorkeling akan lebih baik kamu pemanasan terlebih dahulu agar menghindari kram, karena kamu akan banyak bergerak menggunakan tangan dan kaki waktu berenang.

Santai

Saat masuk ke dalam air usahakan agar kamu tetap tenang karena kamu akan mengapung jika menggunakan jaket pelampung. Atau kamu bisa berdekatan dengan guide agar tetap merasa tenang.

Menjaga Peralatan Snorkeling

Di saat snorkeling terkadang ada gangguan seperti google dan snorkle kemasukan air. Silahkan kamu minta guide untuk memperbaiki gangguan tersebut, karena jika tidak terbisa maka kamu akan kesulitan atau menjatuhkan alat snorkeling ke dasar laut.

Keamanan

Pastikan agar tidak berenang terlalu jauh dari area snorkeling, karena arus bisa membawa kamu pergi jauh dan jika kamu kelelahan akan membuat kamu sulit berenang ke kapal wisata.

Jaga Terumbu Karang

Cukup dilihat dan jangan dirusak. Terumbu karang harus tetap dijaga kelestariannya agar ekosistem laut terjaga, kamu tidak boleh mengambil atau merusak terumbu karang.

Demikian beberapa tips snorkeling dari kami sebelum kamu wisata snorkeling ke Pulau Pramuka 🙂

Sampai bertemu!


Bantu share yaa :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *